Sementara itu dari prestasi pengamatan dan evaluasi prestasi pembelajaran maupun diskusi dengan beberapa guru di SDN Tegalrejo menujukkan bahwa dalam pembelajaran PKn masih banyak permasalahan yang dialami siswa maupun guru, antara lain adalah sebagai berikut :1.Para siswa kurang bersemangat dalam mempelajari materi ini.2.Aktivitas belajar siswa kurang.3.Beberapa siswa menyatakan bahwa pokok bahasan ini dirasa membosankan dan sulit. Melihat kenyataan ini peneliti sebagai guru kelas merasa bertanggungjawab untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Peneliti mencoba menerapkan suatu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Sehingga siswa diharapkan lebih mudah memahami materi pelajaran sehingga prestasi belajar juga meningkat.Disinilah guru dituntut untuk merancang kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kompetensi, baik dalam ranah kognitif, ranah afektif maupun psikomotorik siswa. Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan peciptaan suasana yang menyenangkan sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PKn adalah metode artikulasi dan resitasi (penugasan). Pembelajaran dengan metode artikulasi dan resitasi (penugasanmerupakan pembelajaran aktif. Menurut E. Mulyana Pembelajaran aktif dengan menciptakan suatu kondisi dimana siswa dapat berperan aktif, sedangkan guru bertindak sebagai fasilitator.
Pembelajaran harus dibuat dalam suatu kondisi yang menyenangkan sehingga siswa akan terus teraktivitas dari awal sampai akhir kegiatan belajar mengajar (KBM). Dalam hal ini pembelajaran dengan metode diskusi sebagai salah satu komponen dari pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru disekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.Berdasarkan pada permasalahan tersebut di atas, maka peneliti akan melaksanakan penelitian tindakan kelassebagai upaya dalammeningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi Globalisasi melalui metodemetode artikulasi dan resitasi (penugasan) pada siswa kelas I SDN TegalrejoKecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Dengan penerapan metode artikulasi dan resitasi (penugasan diharapkan: (1) aktivitas belajar siswa meningkat; (2) prestasi belajar siswa mencapai KKM; dan (3) kondisi pembelajaran kondusif.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakahmelaluipenerapan metode artikulasi dan resitasi (penugasandapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas ISDN TegalrejoKecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016?.