Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » KS » SD » PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN METODE DIREKTIF BAGI GURU KELAS DI SD NEGERI KERTONATAN 02 KEC. KARTASURA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN METODE DIREKTIF BAGI GURU KELAS DI SD NEGERI KERTONATAN 02 KEC. KARTASURA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Kenyataan tersebut di atas menjadi salah satu permasalahan tersendiri yang dihadapi sekolah mengingat guru yang sudah mengikuti pelatihan seharusnya menularkan pengetahuan yang diperolehnya kepada guru lain namun sulit dilakukan. Kesulitan yang dihadapi guru dalam menyebarkan pengetahuan kepada guru lain secara klasik disebabkan karena hambatan kultural yaitu guru akan mengalami hambatan dalam membina guru lain apabila mempunyai kedudukan yang sejajar. Dengan demikian diperlukan adanya campur tangan dari kepala sekolah yang memiliki jabatan struktural lebih tinggi sehingga mempunyai kewenangan untuk membina guru yang menjadi bawahannya.
 
Permasalahan kurangnya pemahaman terhadap penggunaan pembelajaran  yang menyenangkan pada guru di SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dapat diindikasikan dari rendahnya frekuensi media atau alat peraga Pembelajaran Kooperatif  di mana ditemukan alat peraga yang masih utuh tersimpan di almari hingga berdebu dan bahkan sampai rusak. Guru lebih banyak menggunakan LKS dalam pembelajaran  sehingga buku-buku sumber bacaan yang ada di perpustakaan tidak pernah tersentuh.

Kondisi tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja. Harus ada suatu tindakan nyata untuk dapat merubah perilaku guru dalam Menerapkan Model Model Pembelajaran Kooperatif  sehingga guru dapat memanfaatkan sumber daya sekolah yang ada seperti ketersediaan alat peraga pembelajaran  dan buku-buku penunjang di perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan pembelajaran  yang mereka lakukan. 

Kondisi permasalahan tersebut mendorong peneliti sebagai kepala sekolah untuk melakukan tindakan pembinaan kepada guru. Tindakan tersebut adalah berupa supervisi kelompok bagi guru-guru kelas dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan dan Menerapkan Model Model Pembelajaran Kooperatif . Karena selain menjadi tanggung jawab peneliti selaku Kepala Sekolah di SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura  Kabupaten Sukoharjo, juga peneliti berharap adanya kemajuan dan perkembangan yang positif bagi peningkatan profesionalisme guru serta berimbas pada peningkatan hasil pembelajaran  bagi siswa khususnya di SD Negeri Kertonatan 02 Kecamatan Kartasura  Kabupaten Sukoharjo dan umumnya bagi sekolah-sekolah lain.

1 komentar untuk "PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENERAPKAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN METODE DIREKTIF BAGI GURU KELAS DI SD NEGERI KERTONATAN 02 KEC. KARTASURA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017"

  1. Cerdas Bermutu14 Januari 2018 pukul 21.59

    Siiip bisa jadi bahan belajar

    BalasHapus
    Balasan
      Balas
Tambahkan komentar
Muat yang lain...

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free