Dari beberapa pendapat tersebut, maka penulis dapat menyimpul-kan yang dimaksud dengan metode diskusi adalah salah satu metode mengajar yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah yang didalamnya ada proses interaksi antara dua atau lebih individu terlibat, saling tukar menukar pengalaman, informasi, memecahkan masalah, dan dapat terjadi juga semuanya aktif tidak ada yang pasif sebagai pendengar saja.
Rendahnya prestasi belajar teori tehnik dasar permainan bola voli siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: minat siswa, semangat belajar, proses pembelajaran, serta lingkungan belajar.
Oleh karena itu perlu diupayakan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga menumbuhkan minat dan semangat belajar serta lingkungan yang setiap unsurnya mendukung proses pembelajaran sehingga akan meningkatkan hasil pembelajaran. Metode Diskusi kelompok terarah diharapkan target penguasaan materi akan lebih berhasil dan siswa dapat semaksimal mungkin untuk mengembangkan kompetensinya.
Metode diskusi kelompok terarah adalah metode dimana menghadirkan situasi belajar memecahkan masalah suatu materi pembelajaran dan mendorong peserta didik untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya terhadap lingkungan mereka.
Dengan menerapkan metode diskusi kelompok terarah dapat meningkatkan prestasi belajar teori tehnik dasar permainan bola voli siswa dalam pembelajaran penjaskes. Alur kerangka berpikir dalam penelitian ini dapat dilihat dalam skema berikut,