Berdasarkan temuan di atas, peneliti mengidentifikasi kelemahan dan kekurangan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti selama ini, serta mencari beberapa beberapa masalah yang menyebabkan kurang berhasilnya dalam proses pembelajaran seperti yang peneliti paparkan di atas. Masalah-masalah tersebut antara lain: Dari 21 siswa kelas IV yang mendapatkan nilai di atas KKM hanya 8 siswa (38%).
Dari hasil identifiksi masalah di atas, maka dapat dianalisa sebagai berikut: a) Penjelasan guru masih abstrak, sehingga penanaman konsep kurang berhasil. b) Tanpa alat peraga yang kongkrit menyebabkan kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran.c) Rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap suatu konsep karena kurangnya variasi guru dalam penerapan model pembelajaran.d) Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran karena siswa hanya sebagai pendengar saja.
Dari hasil identifikasi, analisis dan perumusan masalah diatas, peneliti berusaha untuk menemukan alternatif pemecahan masalah diatas yaitu diduga penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwingmampu meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) tentang Desa dan kecamatan pada pesertadidik kelas IV Semester I
Uraian di atas peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: