Siklus pertama dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Hasil pengamatan guru menunjukkan pada pembahasan siklus pertama dengan pokok bahasan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan, terlihat pada siswa sangat antusias dalam memberikan argumentasi hasil penemuaannya.
Berdasarkan tabel diatas terlihat keberanian siswa mengemukakan pendapat, rerata perolehan skor pada siklus pertama 52,75% menjadi 69,44%, mengalami kenaikan 16,69%. Begitupun dalam indikator motivasi dan kegairahan dalam mengikuti pembelajaran pada siklus pertama rata-rata 63,82% dan pada siklus ke dua 83,35% mengalami kenaikan 19,53%.
Dalam indikator interaksi siswa dalam mengikuti diskusi pada siklus pertama 72,25% dan pada siklus kedua 88,32% mengalami kenaikan sebesar 16,07%, dalam indikator hubungan siswa dengan guru selama kegiatan pembelajaran, pada siklus pertama 75% dan pada siklus kedua 91,66% mengalami kenaikan sebesar 16,66%.
Dalam indikator hubungan siswa dengan siswa, pada siklus pertama 77,65% sedangkan pada siklus ke dua 86,11% mengalami kenaikan sebesar 8,46%. Dalam indikator pertisipasi siswa dalam pembelajaran terlihat pada siklus kedua 94,45% mengalami kenaikan13,9%.