Data dalam penelitian ini adalah data primer yang terdiri siswa , teman sejawat serta data sekunder berupa informasi tentang keterampilan menyimak berita minat ,motivasi serta keaktivan siswa dalam menyimak berita. Sumber data meliputi informan yaitu siswa dan teman sejawat ,dokumen ,kuesioner dan hasil tes.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian kali ini menggunakan tes dan nontes.
Hasil penelitian melalui media audio visual mampu meningkatkan keterampilan dalam pembelajaran menyimak berita.
Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kualitas proses yaitu minat,motivasi dan aktivitas belajar siswa mulai dari siklus pertama yaitu sebanyak 83,33% menjadi 93,5% pada siklus II serta keaktivan siswa mulai dari siklus pertama yaitu 43,335 menjadi 61,29%. Demikian juga dalam pembelajran siklus I meniningkat mulai dari kegiatan prasiklus 55 menjadi 63,2 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 75,3.Dengan demikian media audio visual dapat terbukti dapat meningkatkan kualitas proses maupun hasil belajar dalam pembelajaran menyimak berita pada kelas VIII G SMP Muhammadiyah 5 Surakarata.
Kata kunci :menyimak berita, media audio visual,