Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2012/2013. Alasannya, karena pada kelas tersebut ditemukan adanya permasalahan-permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar khususnya mata pelajaran akuntansi.
Sehingga sangat potensial sekali dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang inovatif guna meningkatkan keaktifan siswa untuk mencapai hasil belajar akuntansi yang memuaskan dan dapat pula memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung di dalam kelas.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: Observasi. Observasi dilaksanakan oleh peneliti dengan mengamati proses pembelajaran di kelas saat guru tengah memberikan materi pelajaran. Observasi hanya dilakukan sebatas mengamati, mengidentifikasi, dan mencatat apa kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran. Tes, Tes merupakan alat yang digunakan peneliti untuk mengetahui hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Tes dilakukan dengan dua cara, yaitu tes tertulis dan praktek atau lisan dengan mempresentasikan pekerjaan mereka di depan kelas.
Dokumentasi,Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengambil gambar kegiatan para siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran saat penelitian dilaksanakan. Data yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa gambar atau foto kegiatan pembelajaran.