Prosedur penelitianyang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Analisis data kualitatif model pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II sedangkan data yang berupa angka dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai siklus I dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi.
Hasil penelitian melalui model pembelajaran pembelajaran Teams Games Turnament dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika tentang Sifat bangun datar melalui pembelajaran Teams Games Tournament bagi siswa kelas V SD Negeri Sanggrahan 01 semester II Tahun Pelajaran 2013/2014.
Dari kondisi awal ke siklus II yaitu dari kreativitas cukup baik menjadi amat baik dan melalui model pembelajaran pembelajaran Teams Games Turnament dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang Sifat bangun datar melalui pembelajaran Teams Games Tournament bagi siswa kelas V SD 01 semester II Tahun Pelajaran 2013/2014.Dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan yaitu 8 (40 %) siswa yang mendapat nilai tuntas menjadi 19 (95%) meningkat 11 (55 %). Nilai rata-rata dari 61,00 menjadi 75,41 meningkat 14,41.