Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hipotesis menyatakan bahwa diduga melalui penerapan metode praktik unjuk kerja dapat meningkatkan prestasi belajar passing pada permainan bola voli pada siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2013/2014.
Dari data empirik diperoleh fakta bahwa melalui penerapan metode praktik unjuk kerja dapat meningkatkan prestasi belajar passing siswa dalam permainan bola voli dari kondisi awal nilai rata-rata prestasi belajar passing 62,7dan 0 siswa (0%)yang mencapai nilai KKM, ke kondisi akhir siklus II nilai rata-rata prestasi belajar passing siswa 73,3 (di atas nilai KKM), dan 18 siswa (100%) mencapai nilai KKM di kelas VSD Negeri Gedangan 02 Tahun Pelajaran 2013/2014.Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode praktik unjuk kerja dapat meningkatkan prestasi belajar passing pada permainan bola voli pada siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2013/2014