Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 5 » SD » PENERAPAN MEDIA KONGKRIT UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD

PENERAPAN MEDIA KONGKRIT UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD

Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hipotesis menyatakan bahwa diduga melalui penerapan media kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar proses pembentukan tanah  pada siswa kelas V SD Negeri Banaran 01 Tahun Pelajaran 2013/2014.

Dari data empirik diperoleh fakta bahwa melalui penerapan media kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar proses pembentukan tanah dalampembelajaran IPA dari kondisi awal nilai rata-rata hasil belajar passing 56,1 dan 2 siswa (9,5%)yang mencapai nilai KKM, ke kondisi akhir siklus II nilai rata-rata hasil belajar passing siswa 67,8 (di atas nilai KKM), dan 19 siswa (90,4%) mencapai nilai KKM di kelas V SD  Tahun Pelajaran 2013/2014.Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar proses pembentukan tanah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD  Tahun Pelajaran 2013/2014.

Belum ada komentar untuk "PENERAPAN MEDIA KONGKRIT UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free