Prosedur penelitianyang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Analisis data kualitatif Metode pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II sedangkan data yang berupa angka dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai siklus I dan nilai tes siklus II kemudian direfleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PKN tentang Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) pada siswa kelas V SDsemester I Tahun Pelajaran 2012/2013.
Dari kondisi awal ke siklus II yaitu dari kreativitas cukup baik menjadi amat baik dan melalui Metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar PKN tentang Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) bagi siswa kelas V SD semester I Tahun Pelajaran 2012/2013.
Dari kondisi awal terdapat 2 Siswa atau (12,5%) ke kondisi akhir terdapat 15 siswa atau 93,75% yang mendapat nilai tuntas, meningkat 13 (81,25 %). Nilai rata-rata dari kondisi awal 59,4 ke kondisi akhir menjadi 73,1 meningkat rata – rata nilai13,7