Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir serta kenyataan di atas maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :“Penggunaan model pembelajaran word square mengajar secara diskusi dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan Prestasi Belajar PKn di SDN Langenharjo 02”.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester ITahun Pelajaran 2013/2014 selama 3 (tiga) bulan, yaitu pada bulan Agustus 2013 sampai bulan Oktober 2013. Pemilihan waktu ini menyesuaikan dengan jadwal materi pelajaran PKn pada Kelas V. Penelitian ini dilakukan di SDN Langenharjo 02 Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.
Subjek penelitian adalah siswa Kelas V yang berjumlah 13 anak, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Alasan Kelas V dipilih sebagai subjek penelitian karena kondisi siswa pada kelas tersebut bermasalah sesuai dengan prestasi belajar PKn tentang Pengertian Perundang-undangan rendah