Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan bahwa diduga melalui Penerapan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok sumber daya alam pada siswa kelas IV semester 1 SD Tahun Pelajaran 2013/2014.
Dari data empirik diperoleh fakta bahwa melalui penerapan Penerapan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok sumber daya alam dari kondisi awal nilai rata-rata hasil belajar 53,6 dan 0 siswa (0%) atau tidak ada siswa yang mencapai nilai KKM, ke kondisi akhir siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,6 (di atas nilai KKM), dan 14 siswa (93,3%) mencapai nilai KKM dan 1 siswa (6,6%)yang tidak mencapai KKM di kelas IV semester I SD Tahun Pelajaran 2013/2014.
Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Penerapan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pokok sumber daya alam pada siswa kelas IV semester I SD Tahun Pelajaran 2013/2014.