Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan: diduga Prestasi belajarPendidikan Agama Islam dengan materi poko Pengertian Malaikat dan Kejadiannya melalui Penerapan Model pembelajaran Outentic Learning pada siswa kelas IV SD semester II Tahun Pelajaran 2013/2014.
Data empiris menyatakan bahwa Prestasi belajar pendidikan Agama Islam dengan melalui Penerapan Model pembelajaran Outentic Learning dapat meningkat dari kondisi awal nilai rata-rata siswa 59,6 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM tidak ada atau sejumlah 0 anak (0 %) ke kondisi akhir nilai rata-rata 773,0 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 21 anak (100%) atau tidak ada siswa yang nilainya di bawah KKM pada siswa kelas IV SD
semester II Tahun Pelajaran 2013/2014.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, Model pembelajaran Outentic Learning dapat meningkatkan Prestasi belajar materi pokok Pengertian Malaikat dan kejadiannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SD semester II , Tahun Pelajaran 2013/2014.