Berdasarkan kerangka berpikir di atas maka dapat disusun hipotesis tindakan sebagai berikut: “Penggunaan pendekatan ketrampilan proses dapat meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA materi memahami Benda bagi siswa kelas IV semester 1 di SD tahun pelajaran 2014/2015”.
Penelitian ini dilaksanakan di SD pada kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Alasan pemilihan adalah karena peneliti mengajar di sekolah tersebut sehingga memudahkan dalam pelaksanaan tindakan.Penelitian direncanakan dalam waktu 2 (dua) bulan yaitu dari persiapan penelitian minggu ke III bulan Agustus 2014 sampai dengan penyusunan laporan penelitian minggu I bulan Oktober 2014. Secara rinci kegiatan penelitian dapat dilihat pada tabel berikut:
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV semester 1 SD tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 19 orang siswa.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu deskripsi secara terinci dan mendalam tentang fenomena yang berhubungan dengan permasalahan pembelajaran IPA materi memahami benda pada siswa Sekolah Dasar kelas IV di SD.
Desain penelitian tindakan kelas yang dinilai akurat dalam mencapai tujuan tersebut adalah model desain alur dari Kemmis dan Taggart (Wiriaatmadja, 2006: 65) yang memiliki ciri khas menggunakan model siklus. Setiap siklus terdiri dari dua atau tiga tindakan pembelajaran, sedangkan setiap tindakan pembelajaran mencakup empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi-evaluasi.