Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V semester 1 SD Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 29 orang siswa, terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penentuan subjek dilandasi adanya alasan bahwa siswa kelas V semester 1 di SD Tahun Pelajaran 2013/2014 mempunyai kemandirian belajar dan ketuntasan belajar yang rendah dalam pembelajaran PKn materi memelihara keutuhan NKRI.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, teknik tes, kuesioner dan analisis dokumen. Adapun jenis tes dalam penelitian adalah tes prestasi belajar, dan tes kecerdasan. Teknik tes dilakukan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi “Memelihara Keutuhan NKRI”.
Dalam penelitian ini kuesioner yang digunakan adalah angket tentang kemandirian belajar siswa, berupa kuesieoner pilihan ganda yang terdiri dari 30 butir pernyataan dengan alternatif 5 jawaban.Sedangkan Teknik dokumen dilakukan untuk mengkaji kurikulum, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan buku penilaian yang dilakukan guru dalam pembelajaran PKn materi “Memelihara Keutuhan NKRI” .