Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hipotesis menyatakan: diduga Prestasi belajar konsep benua pada pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial melalui diskusi kelompok terarah pada anak kelas VI semester I Tahun Pelajaran 2013/2014.
Data empiris menyatakan bahwa Prestasi belajar konsep Benua melalui metode diskusi kelompok terarah dengan dari kondisi awal nilai rata-rata siswa 61,2 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 12 anak (40%) ke kondisi akhir nilai rata-rata 68,2 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 21 anak (80%) pada siswa kelas VI semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 Sehingga dapat disimpulkan bahwa, metode diskusi kelompok terarah dapat meningkatkan Prestasi belajar konsep Benua pada siswa kelas VI semester I Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: Konsep Benua, metode diskusi kelompok terarah,Prestasi Belajar