Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Diduga melalui penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar membuat denah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Tahun Pelajaran 2014/2015.
METODE PENELITIAN
Setting Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 selama 3 bulan, yaitu pada bulan Agustus 2014 sampai bulan Oktober 2014. Pemilihan waktu ini menyesuaikan dengan jadwal materi pelajaran Bahasa Indonesia dengan konsep membuat denah pada kelas IV semester I tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan di SD.Alasan pemilihan tempat penelitian ini adalah karena peneliti sebagai guru kelas IV di sekolah tersebut.
Subjek dan Objek Penelitian
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas IV semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah kemampuan membuat denah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran kontektual.