Sejalan dengan makin pesatnya perkembangan permainan bola voli maka teknik-teknik dasarnya harus betul-betul dikuasai dengan baik oleh para pemain. Dengan perkembangan itulah maka untuk mencapai prestasi yang optimal diperlukan pula model pengelolaan pembinaan yang diharapkan dapat berjalan berkesinambungan dengan tujuan akhir mencapai prestasi yang optimal.
Dalam pelaksanaannya mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan gerak, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap, mental, emosional, sportifitas, spiritual, sosial), serta pembiasan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang. Namun pada kenyataannya, kemampuan smash bola voli siswa kelas IV pada mata pelajaran penjaskes semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 termasuk rendah. Nilai rata-rata kemampuan smash siswa hanya 71,3, masih berada di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Dan siswa yang mencapai nilai KKM hanya 5 siswa (17,8%)