Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » PENERAPAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I

PENERAPAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I

Sumber data penelitian ini meliputi hasil  tes tertulis pada mata pelajaran matematika pada kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angka yaitu nilai hasil tes pembelajaran konsep operasi hitung bilangan, sedangkan data kualitatif berupa informasi tentang keefektifan pembelajaran di dalam kelas ketika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media garis bilangan untuk meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung bilangan  pada siswa kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Data kemampuan menggunakan media garis bilangan  untuk meningkatkan hasil belajar  konsep operasi hitung bilangan  pada siswa   pada kondisi awal sebelum pelaksanaan PTK dikumpulkan dengan teknik  dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah buku daftar nilai matematika siswa kelas II. Data kemampuan menggunakan media garis bilangan untuk meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung bilangan  pada siklus I diperoleh melalui tes praktek. Data kemampuan menggunakan media garis bilangan  untuk meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung bilangan pada siklus II diperoleh melalui tes praktek.

Belum ada komentar untuk "PENERAPAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN PADA SISWA KELAS IV SEMESTER I"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free