Sumber data penelitian ini meliputi hasil tes tertulis pada mata pelajaran matematika pada kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angka yaitu nilai hasil tes pembelajaran konsep operasi hitung bilangan, sedangkan data kualitatif berupa informasi tentang keefektifan pembelajaran di dalam kelas ketika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media garis bilangan untuk meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung bilangan pada siswa kelas IV Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Teknik dan Alat Pengumpulan Data
Data kemampuan menggunakan media garis bilangan untuk meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung bilangan pada siswa pada kondisi awal sebelum pelaksanaan PTK dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah buku daftar nilai matematika siswa kelas II. Data kemampuan menggunakan media garis bilangan untuk meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung bilangan pada siklus I diperoleh melalui tes praktek. Data kemampuan menggunakan media garis bilangan untuk meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung bilangan pada siklus II diperoleh melalui tes praktek.