Perbaikan pembelajaran siklus II dilaksanakan pada hari hari Selasa, 3 Nopember 2015 dengan objek siswa kelas IV semester I SD Negeri Kadilangu 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015/2016 .
Dengan dibantu oleh teman sejawat yang bertindak sebagai observer, peneliti melaksanakan sesuai rencana. Skenario pembelajaran berlangsung dengan baik. Peneliti melaksanakan sesuai rencana. Pada akhir pembelajaran peneliti mengadakan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui tingkat keberhasilan. Hasilnya dapat dilihat sebagaimana table siklus II di bawah ini.
Data yang diperoleh dari perbaikan pembelajaran pada siklus II adalah sebagai berikut, pada siklus II diperoleh hasil temuan dari 21 orang siswa pada mata pelajaran PKN sebanyak 21 orang siswa atau sekitar ( 100% ) orang siswa yang sudah dapat dinyatakan tuntas dan sebanyak 0 orang siswa atau sekitar (0% ) yang dinyatakan belum tuntas. Dalam penelitian ini membuktikan bahwa Metode simulasi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar mata pelajaran PKn kelas IV semester I SD Negeri Kadilangu 01 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015/2016 .