Berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir serta kenyataan di atas maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
“Penerapan media Gambar materi alat pernafasan Hewan dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Parangjoro 02”.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 selama 3 (Tiga) bulan, yaitu pada periode bulan Agustus 2014 sampai bulan Oktober 2014. Pemilihan waktu ini menyesuaikan dengan jadwal materi pelajaran IPA pada kelas V. Penelitian dilaksanakan di SDN Parangjoro 02, yang beralamat di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Alasan pemilihan tempat penelitian ini adalah karena peneliti sebagai guru IPA yang mengajar di sekolah tersebut.
Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Parangjoro 02 semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar Konsep alat pernafasan Hewan dalam Pembelajaran IPA dan penerapan media gambar dan metode diskusi kelompok terarah.
Sumber data penelitian ini meliputi hasil tes praktik dan tes tertulis pada mata pelajaran IPA pada kondisi awal, siklus I,dan siklus II. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa angka yaitu nilai hasil tes pembelajaran IPA, sedangkan data kualitatif berupa informasi tentang keefektifan pembelajaran di dalam kelas ketika guru melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode diskusikelompok terarah dan media gambar.