Deskripsi siklus I menunjukan bahwa proses pembelajaran belum berjalan dengan baik. Peserta didik belum memahami bagaimana menghitung dan memecahkan masalah yang melibatkan satuan debit.
Kurangnya pemanfaatan waktu oleh peserta didik dan sebagian besar peserta didik masih mengalami kesulitan mengenai hubungan antara satuan luas, waktu dan volume, kecepatan dan debit dalam penghitungan dan pemecahan masalah namun jumlah peserta didik yang mau bertanya jumlahnya sangat sedikit sehingga guru tidak menjelaskan lagi ataupun memantapkan materi yang dianggap kurang jelas karena informasi yang didapatkan sangat sedikit.
Berdasarkan hasil tes kemampuan menghitung debit dapat diketahui rerata kelas sebesar 67.75 Sejumlah 5 peserta didik mendapat nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal atau KKM yaitu 60. Sebanyak 21 peserta didik mendapat nilai sesuai dengan KKM yaitu 60 atau lebih.
Pada siklus II perlu mendapatkan perhatian sebagai tindak lanjut dari siklus I adalah dengan memperbanyak tempat penampungan air saat melakukan pengamatan. Penggunaan waktu yang kurang efektif dapat ditindak lanjuti dengan pengarahan pada peserta didik untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, dalam pembelajaran peserta didik perlu diberi penekanan untuk bertanya jika masih ada kesulitan dalam pembelajaran khususnya mengenai hubungan antar satuan luas, waktu dan volume, kecepatan dan debit dalam pemecahan masalah baik kepada guru maupun kepada teman- temannya yang dianggap mampu. Peran guru dalam memberikan bimbingan dan arahan pada waktu percobaan dan diskusi kelompok sangat membantu peserta didik.