Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 6 » SD » UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG DEBIT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG DEBIT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI

Deskripsi siklus I menunjukan bahwa proses pembelajaran belum   berjalan   dengan   baik.   Peserta   didik   belum   memahami bagaimana menghitung dan memecahkan masalah yang melibatkan satuan debit.

Kurangnya pemanfaatan waktu oleh peserta didik dan sebagian besar peserta didik masih mengalami kesulitan mengenai hubungan antara satuan luas, waktu dan volume, kecepatan dan debit dalam penghitungan dan pemecahan masalah namun jumlah peserta didik yang mau bertanya jumlahnya sangat sedikit sehingga guru tidak menjelaskan lagi ataupun memantapkan materi yang dianggap kurang jelas karena informasi yang didapatkan sangat sedikit.

Berdasarkan hasil tes kemampuan menghitung debit dapat diketahui  rerata  kelas  sebesar  67.75  Sejumlah  5  peserta  didik mendapat nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal atau KKM yaitu  60.  Sebanyak  21  peserta  didik  mendapat  nilai  sesuai  dengan KKM yaitu 60 atau lebih.

Pada  siklus  II  perlu  mendapatkan  perhatian  sebagai  tindak lanjut dari siklus I adalah dengan memperbanyak tempat penampungan air  saat  melakukan  pengamatan.  Penggunaan  waktu  yang  kurang efektif dapat ditindak lanjuti dengan pengarahan pada peserta didik untuk  menggunakan  waktu  dengan  sebaik-baiknya,  dalam pembelajaran peserta didik perlu diberi penekanan untuk bertanya jika masih   ada   kesulitan   dalam   pembelajaran   khususnya   mengenai hubungan antar satuan luas, waktu dan volume, kecepatan dan debit dalam pemecahan masalah baik kepada guru maupun kepada teman- temannya yang dianggap mampu. Peran guru dalam memberikan bimbingan dan arahan pada waktu percobaan dan diskusi kelompok sangat membantu peserta didik.

Belum ada komentar untuk "UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG DEBIT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free