Teknik Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan materi menjaga keutuhan NKRI pada pelajaran PKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung dengan media gambar dua pada siswa kelas V SD TahunPelajaran 2014/2015.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan materi menjaga keutuhan NKRI pada pelajaran PKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung dengan media gambar dua pada siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal itu dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar penguasaan materi menjaga keutuhan NKRI siswa sesudah tindakan.
Pada siklus I ada peningkatan nilai rata-rata siswa dari 69,64 menjadi 71,07 dengan ketuntasan klasikal71,43% dan pada siklus II ada peningkatan dari rata-rata nilai 71,07 menjadi 76,79 dengan ketuntasan kalsikal 100%. Dengan demikian, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD didukung dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan penguasaan materi menjaga keutuhan NKRI pada pelajaran PKn pada siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2014/2015.