Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran PKn materi politik luar negeri bebas aktif melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw politik luar negeri bebas aktif.
Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan ini pada intinya mengacu pada desain penelitian yang digunakan, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi hasil tindakan.Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi politik luar negeri.
Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor aktivitas belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; 2) Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.
Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar dan tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; dan 3) Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi politik luar negeri bagi siswa kelas VI semester2 di SD tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa pada setiap siklus tindakan yang dilakukan.