Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KPK DAN FPB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE BAGI SISWA KELAS IV SD

UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KPK DAN FPB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE BAGI SISWA KELAS IV SD

Data kualitatif hasil pengamatan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II. Sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus I dan nilai tes setelah siklus II kemudian direfleksi.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan/observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, dan setiap kali pertemuan selama 2 jam pelajaran dengan model pembelajaran Think Pairs Share tanpa bimbingan guru.

Hasil tes kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan  tentang hasil nilai ulangan matematika kondisi awal kelas IV SD  Semester I Tahun 2014/2015 ada 6 siswa atau 50,00 % dinyatakan belum tuntas, nilai yang masih di bawah KKM 70 yaitu terdiri dari 1 siswa memperoleh nilai antara 50-59, 5 siswa memperoleh nilai antara 60-69, dan yang mendapat nilai tuntas 5 siswa memperoleh nilai antara 70-79, 1 siswa memperoleh nilai antara  80-89. Nilai rata-rata ulangan kondisi awal yaitu 66,66.

Belum ada komentar untuk "UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KPK DAN FPB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRS SHARE BAGI SISWA KELAS IV SD"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free