Data kualitatif hasil pengamatan proses pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan membandingkan siklus I dan siklus II. Sedangkan data yang berupa angka (data kuantitatif) dari hasil belajar siswa dianalisis menggunakan deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes setelah siklus I dan nilai tes setelah siklus II kemudian direfleksi.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan/observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, dan setiap kali pertemuan selama 2 jam pelajaran dengan model pembelajaran Think Pairs Share tanpa bimbingan guru.
Hasil tes kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan tentang hasil nilai ulangan matematika kondisi awal kelas IV SD Semester I Tahun 2014/2015 ada 6 siswa atau 50,00 % dinyatakan belum tuntas, nilai yang masih di bawah KKM 70 yaitu terdiri dari 1 siswa memperoleh nilai antara 50-59, 5 siswa memperoleh nilai antara 60-69, dan yang mendapat nilai tuntas 5 siswa memperoleh nilai antara 70-79, 1 siswa memperoleh nilai antara 80-89. Nilai rata-rata ulangan kondisi awal yaitu 66,66.