Teknik pengumpulan data dengan lembar pengamatan dan wawancara teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif, artinya kemampuan awal guru menyusun RPP dibandingkan dengan kemampuan guru menyusun RPP pada siklus I dan II setelah melalui bimbingan kelompok yang dilakukan kepala sekolah.
Dari peningkatan skor kemampuan guru menyusun RPP setiap siklus dideskripsikan kea rah kecenderungan tindakan kepala sekolah dan reaksi serta hasil kemampuan guru menyusun RPP.Hasil penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP di SMP.
Dampak peningkatan kemampuan guru menyusun RPP yang dihasilkan menyangkut aspek merencanakan pengelolaan pembelajaran, merencanakan pengorganisasian materi pelajaran, merencanakan pengelolaan kelas, merencanakan penggunaan alat dan metode, serta merencanakan penilaian.
Dari aspek perencanaan setelah diberi tindakan melalui bimbingan kelompok kemampuan guru menyusun RPP pada kondisi awal secara klasikal memiliki skor 3,03 (cukup) dan pada akhir tindakan siklus II meningkat menjadi 4,42 (baik) sehingga terjadi peningkatan sebesar 1,39 menunjukkan peningkatan yang signifikan, bimbingan kelompok dapat dijadikan predictor yang baik untuk meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP.