Sedangkan siklus 2 siswa bekerja secara kelompok dan guru menunjuk salah satu siswa dalam kelompok tersebut untuk maju persentasi di depan kelas. Masing-masing siklus dilakuan 4 tahap : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk menganalisis data digunakan analisis diskriptif komparatif untuk data kuantitatif, sedangkan untuk data
kualitatif digunakan analisis diskriptif kualitatif.Hasil dari penelitian ini baik secara teoritis maupun empiris dengan menggunakan model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang Teorema Pythagoaras bagi siswa kelas VIIIsemester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016.
Aktivitas belajar meningkat dibandingkan dengan kondisi awal dari rendah menjadi tinggi. Hasil belajar siswa juga meningkat, pada kondisi awal nilai rata-rata kelas adalah 59,0, sedangkan nilai rata-rata kelas pada siklus terakhir adalah 73,9. Dengan demikian nilai rata-rata kelas naik 25,3% dari nilai rata-rata siswa pada kondisi awal.
Oleh karena itu guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran ini, dengan harapan aktivitas belajar siswa akan naik, dan hasil belajarnya juga meningkat.