Pembelajaran siklus I di atas dapat dijelaskan bahwa siswa kelas IV tidak satupun anak yang memperoleh rentang nilai 91-100 sebanyak 0 siswa ( 0%) ,81-90 sebanyak 0 siswa ( 0%), 71-80 sebanyak 0 siswa ( 0 %), 61-70 sebanyak 17 siswa (65,38 %), dan 51-60 sebanyak 7 siswa (26,90 %).dimana nilai tertinggi adalah 70 dicapai oleh 1 siswa (3,70 %).
Jadi siswa SD Negeri Gedongan 02 masih terdapat 85,18 % yang belum mencapai KKM. Sedangkan siswa yang memperoleh nilai sama atau di atas KKM sebanyak 4 siswa ( 15,38 %) Oleh kerena itu peneliti mengadakan tindakan kelas kembali dengan metode yang lain yaitu dengan metode pembelajaran kolaborasi.
Pada siklus II peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 19 April 2015. Adapun hasil nilai perbaikan pembelajaran dapat dilihat pada lampiran. Sedangkan rekap nilai pembelajaran perbaikan siklus II dibuat tabel 2 sebagai berikut.