Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, tempat pelaksanaan penelitian di SD dengan subjek penelitian seluruh anak kelas V SD semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 anak.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hipotesis menyatakan: diduga Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menerapkan model pembelajaran berbasis Propyek pada siswa kelas V SD semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Data empiris menyatakan bahwa Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan menerapkan model pembelajaran Berbasis Proyek dari kondisi awal nilai rata-rata siswa 55,8 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 3 anak (13%) ke kondisi akhir nilai rata-rata 71,0 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 23 anak (100%) pada siswa kelas V SD semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan hasil belajar konsep Alat Pernapasan Hewan pada siswa kelas V SD semester I , Tahun Pelajaran 2015/2016.