Hipotesis menyatakan: diduga Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi pokok pembuatan makanan pada tumbuhan melalui Penerapan metode diskusi kelompok terarah pada siswa kelas V SD semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Data empiris menyatakan bahwa Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan materi pembuatan makanan pada tumbuhan melalui Penerapan metode diskusi kelompok terarah dari kondisi awal nilai rata-rata siswa 52,8 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 0 anak (0 %) atau tidak ada siswa yang tuntas ke kondisi akhir nilai rata-rata 71,1 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 26 anak (100%)atau tiadak ada siswa yang nilainya di bawah KKM pada siswa kelas V SD semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa, metode diskusi kelompok terarah dapat meningkatkan hasil belajar materi pembuatan makanan pada tumbuhan dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD semester I ,kecamatan Grogol,Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016.