Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hipotesis menyatakan: diduga Penerapan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar konsep gaya dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD semester II Tahun Pelajaran 2014/2015.
Data empiris menyatakan bahwa metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar konsep gaya dalam pebelajaran IPA dari kondisi awal nilai rata-rata siswa 56,3 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 2 anak (8,6%) ke kondisi akhir nilai rata-rata 72,8 dengan anak yang mencapai ketuntasan KKM sejumlah 23 anak (100%) pada siswa kelas IV SD semester II Tahun Pelajaran 2014/2015,atau tidak siswa yang tidak mencapai KKM.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa,penerapan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar konsep gaya dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV semester II, Tahun Pelajaran 2014/2015.