Penelitian dilaksanakan di SMA tahun 2013 semester 2 dengan subjek penelitian kelas X 7. Pembelajaran model animasi penumbuh karakter dengan metode demonstrasi dan penugasan. Hasil penelitian menunjukkan perubahan lebih baik pada aktivitas belajar dalam hal:
kedisiplinan, belajar berpusat pada siswa, ketertiban dalam pembelajaran, tanggung jawab, kejujuran, kerjasama yang baik. Perubahan aktivitas belajar mengefektifkan difusi inkulkasi dan keterampilan asertif dari bahan ajar berbasis ICT, sehingga karakter menjadi lebih baik.
Perubahan karakter meningkatkan kemampuan berpikir yang dimanifestasikan perilaku lebih santun, dan prestasi belajar lebih baik secara induvidual dan klasikal. Data prestasi belajar predikat baik, ketuntasan belajar, dan koefisien varian, berturut-turut pada prasiklus: 15%, 59%, dan 15%, meningkat pada siklus 1 menjadi: 33%, 78%, dan 14%, meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 85%, 96%, dan 9%.