Untuk mengetahui perkembangan minat dan hasil Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn, guru sebagai peneliti selalu memantau dan mencatat tindakan serta reaksi siswa.
Data yang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media grafis dalam pembelajaran PKn mengalami peningkatan dan siswa kelihatan antusias dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian pada setiap siklus.
Nilai rata-rata ulangan harian kondisi awal yaitu 64, dan tidak ada satupun siswa yang mencapai KKM atau 0 %sebelum menggunakan media grafis, nilai rata-rata dengan menggunakan media grafis sebagai alat perangkat pembelajaran pada siklus I sebesar 72,6, 6 siswa yang mencapai KKM atau 40% dan siklus II sebesar 78, 15 siswa yang mencapai KKM atau 100%.Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media grafis dalam pembelajaran Pkn sangat penting karena dapat meningkatkan prestasi belajar.
Dengan meningkatnya pemahaman dan antusias siswa dalam pembelajaran, dapat dijadikan modal untuk membantu guru dalam memecahkan persoalan yang sejenis.