Kondisi awal pembelajaran Matematika di kelas III SD semester I tahun pelajaran 2014/2015 dapat diketahui dari hasil tes ulangan harian yang dilakukan sebelum dilaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran. Hasil-hasil ulangan yang diperoleh dari siswa di kelas tersebut dapat dikemukakan sebagai berikut.
Hasil tes yang diperoleh dari 17 orang siswa kelas III SD semester I tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 52.00 dan nilai tertinggi diperoleh sebesar 77.00. Nilai rata-rata hasil belajar diperoleh sebesar 68.
Mengingat nilai hasil belajar yang diperoleh tersebut < KKM yang ditetapkan, yaitu dengan KKM > 70.00, maka secara klasikal siswa di kelas III SD semester I tahun pelajaran 2014/2015 dianggap belum mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran Matematika .
Ditinjau dari penguasaan penuh secara klasikal, jumlah siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 70.00 adalah sebanyak 7 orang siswa atau 41 % dari jumlah siswa. Sisanya sebanyak 10 orang siswa atau 59 % belum mencapai ketuntasan belajar dengan KKM > 70.00. Berangkat dari kondisi tersebut maka diperlukan upaya perbaikan guna meningkatkan hasil belajar siswa.