Aktivitas menjawab soal 57,14 ( cukup), aktivitas mengajukan pertanyaan 25,00 % (rendah) , aktivitas menjawab pertanyaan 28,57 % (rendah) , Sedangkan aktivitas yang sangat terendah adalah mengemukakan pendapat 10,71 % , aktivitas belajar tertinggi membuat kesimpulan yakni 78,57 %.. Dengan demikian rata rata aktivitas belajar siswa pada siklus 1 pertemuan pertama adalalah sebesar 38,00 %. (rendah).
Aktivitas menjawab soal 67,86 % (cukup), aktivitas mengajukan pertanyaan adalah 42,86 % (cukup), aktivias menjawab pertanyaan adalah 46, 43 % (cukup) , aktivitas mengemukakan pendapat 21,43 % (rendah), aktivitas belajar tertinggi adalah membuat kesimpulan adalah 78,57 % (tinggi),. Dengan demikian rata-rata akhir aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan II adalah sebesar 51,43 % ( cukup)
Aktivitas belajar tertinggi adalah aktitivitas menjawab soal 75 % ( tinggi), aktivitas mengajukan pertanyaan 50,00 % (cukup), aktivitas menjawab pertanyaan 50,00 % (cukup) , aktivitas mengemukakan pendapat 21,42 % (rendah), aktivitas mengambil kesimpulan 100 % (sangat tinggi),. Dengan demikian rata-rata akhir aktivitas belajar siswa pada siklus 1 pertemuan III adalah sebesar
59,28 % (cukup).
Berdasarkan data diata dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa pada siklus I siswa telah menampakkan peningkatan aktivitas Hal ini dapat terlihat dari persentase rata-rata siswa pada aktivitas akhir pertemuan selalu meningkat mulai dari pertemuan I sampai pertemuan III .