Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 4 » SD » UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MEMLALUI MODEL PEMBELAJARAN REFLECTION PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MEMLALUI MODEL PEMBELAJARAN REFLECTION PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II

Dari data di atas, pada kondisi awal ini nilai rata-rata siswa hanya 55, jauh di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dalam pembelajaran IPS di SD, yaitu 65. Tidak  ada siswa yang mencapai KKM  atau 1siswa atau (6,6 %) dari total 15  siswa kelas IV.

Ada 2 faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar konsep koperasi pada siswa dalam pembelajaran IPS  rendah pada siswa kelas IV SD, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal siswa tersebut antara lain: motivasi, intelegensi, kebiasaan dan rasa percaya diri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang terdapat di luar siswa, seperti; guru sebagai pembina kegiatan belajar, startegi pembelajaran, sarana dan prasarana, kurikulum dan lingkungan.

Pada pembelajaran IPS selama ini masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton, yaitu ceramah dan instruksi langsung. Dengan metode ini membuat siswa kurang aktif, hanya guru yang aktif menyampaikan materi. Dan berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman selama ini, siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Anak cenderung tidak tertarik dengan pelajaran IPS sehingga menyebabkan rendahnya Hasil  belajar siswa di sekolah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti sekaligus sebagai guru IPS akan melaksanakan suatu penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Reflectio. Diharapkan melalui penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan  Hasil belajar konsep Koperasi pada siswa dalam pembelajaran IPS  pada siswa kelas IV SD.


Belum ada komentar untuk "UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MEMLALUI MODEL PEMBELAJARAN REFLECTION PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free