Manfaat dan kegunaan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah :1)Dapat memberikan sumbangan dan kontribusi terhadap peranan guru Mata Pelajaran PKn sebagai perwujudan profesionalisme guru dalam pembelajaran dan pendekatan Konstruktvisme.2)Dapat memberikan informasi yang memadai mengenai peranan guru yang berkaitan dengan prestasi belajar baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang diwujudkan dalam perilaku, kepribadian dan kemandirian siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran PKN siswa kelas IV semester II SDTahun 2014/2015.
Dalam proses pembelajaran PKn, guru belum semuanya melaksanakan pendekatan siswa aktif, dan peranan guru sebagai dinamisator belajar siswa belum diterapkan, namun guru masih dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab.
Dalam penyampaian materi pelajaran guru masih menggunakan buku-buku sumber dan buku pelengkap sebagaa sumber belajar, dan dalam penyampaian bahan ajar kepada siswa belum digunakan media belajar yang lain.