Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini terdiri dari 3 teknik, yaitu observasi, tes, dan dokumen. Dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif Bahasa Jawa, yaitu pengamat terlibat langsung mengamati kegiatan yang dilakukan penulis secara langsung ke obyek penulisan yaitu SD serta sekaligus membuat catatan-catatan penting untuk melengkapi data dalam penulisan.
Jadi dalam observasi ini penulis secara langsung berperan mengamati kegiatan pembelajaran siswa di kelas juga menyampaikan materi pembelajaran, sehingga penulis akan lebih memahami kelebihan dan kekurangan penggunaan model pembelajaran make a match dalam melakukanpembelajaran Adapun metode dokumentasi yang penulis pergunakan ini bertujuan untuk melengkapi data yang diperoleh dari hasil interview dan observasi yaitu tentang RPP dan nama dan nilai siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui data tentang tingkat keberhasilan setelah pembelajaran berlangsung. Hasil yang diperoleh yang bersifat kuantitatif.
Agar alat pengumpul data dan data yang diperoleh valid maka dilakukan validasi. Adapaun cara validasinya disesuaikan dengan alat maupun data yang diperlukan, misalnya tes tertulis akan divalidasi butir soalnya melalui kisi-kisi, wawancara/observasi akan divalidasi datanya melalui triangulasi.