Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan metode kontekstual. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket serta penilaian hasil ulangan harian. Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus.
Tiap siklus yang terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan melalui metode kontekstual dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas IX Semester 1 Tahun Pelajaran 2014-2015.
Ini terbukti dari hasil ulangan awal sampai dengan evaluasi siklus II mengalami peningkatan dari 30 siswa yang tuntas semula hanya ....siswa.atau sekitar.... % .menjadi ... siswa atau sekitar... % .. Dengan metode kontekstual ternyata dapat menciptakan pembelajaran yang mudah dipahami, pembelajaran aktif, menyenangkan, inovatif serta menarik bagi siswa kelas IX Semester 1 Tahun Pelajaran 2014-2015.