Jurnal Pendidikan

  • Beranda
  • TK/PAUD
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
  • Peraturan
  • Artikel
  • About
Home » 5 » SD » Jurnal PTK SD PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN CERITA PENDEK ANAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II

Jurnal PTK SD PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN CERITA PENDEK ANAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II

Indikator kinerja pada penelitian tindakan kelas ini adalah:1. Nilai penguasaan kalimat efektif  untuk meningkatkan  kemampuan menulis ringkasan cerita pendek anak   pada siswa kelas V  menunjukkan peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. 2. Nilai rata-rata penguasaan kalimat efektif  untuk meningkatkan  kemampuan menulis ringkasan cerita pendek anak  pada siswa kelas V   mencapai nilai Kriteri Ketuntasan Minimal yang ditetapkan (KKM), yaitu 70. 3. Minimal 70 % siswa kelas V, nilai penguasaan kalimat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan cerita pendek anak  pada siswa kelas V A  SD Negeri Gedangan 01  mencapai KKM.
ProsedurTindakan
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan.1 (satu) pertemuan untuk pelaksanaan tindakan sekaligus pengambilan nilai  tes tertulis. Model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi.

Belum ada komentar untuk "Jurnal PTK SD PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS RINGKASAN CERITA PENDEK ANAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II"

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2013 Jurnal Pendidikan - All Rights Reserved
by Mas Sugeng - Powered by Blogger Template Free