Indikator kinerja pada penelitian tindakan kelas ini adalah:1. Nilai penguasaan kalimat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan cerita pendek anak pada siswa kelas V menunjukkan peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. 2. Nilai rata-rata penguasaan kalimat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan cerita pendek anak pada siswa kelas V mencapai nilai Kriteri Ketuntasan Minimal yang ditetapkan (KKM), yaitu 70. 3. Minimal 70 % siswa kelas V, nilai penguasaan kalimat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan cerita pendek anak pada siswa kelas V A SD Negeri Gedangan 01 mencapai KKM.
ProsedurTindakan
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan.1 (satu) pertemuan untuk pelaksanaan tindakan sekaligus pengambilan nilai tes tertulis. Model penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi.