Sebelumnya guru masih menggunakan metode konvensional sebingga hasil evaluasi peserta didik dalam materi memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang masih rendah. Setelah diadakan tindakan perbaikan dengan pembelajaran menggunakan metode bermain peran ternyata pada siklus I Hasil evaluasi peserta didik dalam materi memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang meningkat. Di akhir proses perbaikan pembelajaran melalui penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar Matematika, yaitu pada siklus II perbaikan.
Penerapan metode bermain peran pada pembelajaran klasikal sehingga hasil evaluasi peserta didik dalam materi memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang meningkat
Hipotesis
Berdasarkan teori, kerangka berpikir dan kenyataan yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas, maka penulis merumuskan hipotesis sebagai berikut : Dengan menerapkan metode bermain peran, maka diduga dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang, sehingga hasil belajar peserta didik meningkat.