Diketahui ada 4 orang (50%)yang menerapkan tahapan dalam RPP bukan merupakan hasil karya sendiri, masih kategori kurang dan belum melakukan pengembangan kegiatan maupun materi sehingga masih harus dilakukan peningkatan dalam pembelajaran.Sedang 4 orang atau (50%) guru dalam mengajar belum menerapakan langkah-langkah yang tertuang dalam RPP belum melakukan pengembangan materi dan kegiatan,serta tidak melakukan tindak lanjut.Kondisi tersebut berdampak pada keaktifan siswa kurang. Pelaksaannya Penelitian dalam 3 siklus sesuai Jadwal Pembelajaran. Siklus pertama berfokus pada kegiatan supervisi akademik dalam menyusun silabus,menyusun RPP,menyiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, aktivitas peserta didik,dan pengelolaan kelas. Hal-hal yang kurang maka dilakukan perbaikan untuk di lanjutkan pada Siklus kedua.Hasil yang diperoleh dari supervisi akademik pembelajaran adalah data yang bersifat kuantitatif dan ada yang bersifat kualitatif.Hasil supervisi akademik menunjukkan terjadi peningkatan kualitas pembelajaran para guru, dari kondisi awal nilai rata-rata 65 (enam puluh lima) atau kateguri cukup meningkat rata-rata 75 (tujuh puluh lima) atau kategori baik meningkat menjadi nilai-rata 81 ( delapan puluh satu) atau kategori sangat baik. Sehingga secara keseluruhan hasil pelaksanaan supervisi akademik terhadap terhadap guru SD