Prestasi belajar dalam mata pelajaran PAI siswa diukur melalui tes. Siswa dites dengan soal yang menitikberatkan segi penerapan pada akhir pembelajaran setiap siklus. Hasil setiap siklus dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui keefektifan tindakan dengan jalan melihat kembali (merujuk silang) pada indikator keberhasilan yang telah ditentukan.
Teknik Analisis Data
Data hasil tes diklasifisikan sebagai data kuantitatif. Data tersebut dianalisis secara desktiprif, yakni dengan membandingkan nilai tes antarsiklus. Yang dianalisis adalah nilai tes siswa sebelum menggunakan media contextual teaching and learning dengan pendekatan inquiry; dan nilai tes siswa setelah menerapkan metode contextual teaching and learning dengan pendekatan inquiry sebanyak 2 siklus. Kemudian, data yang berupa nilai tes antarsiklus tersebut dibandingkan hingga hasilnya dapat mencapai batas ketercapaian atau indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.
Indikator Keberhasilan
Rumusan kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan pemahaman ayat-ayat Alqur'an tentang kompetisi dalam kebaikan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai minimal 75 (KKM). Penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan berhasil jika pada siklus I 75% siswa memperoleh nilai > 75 (KKM) dan pada siklus II 90% siswa memperoleh nilai >75 (KKM).