Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang digunakan adalah data yang dikumpulkan selama kegiatan proses pembelajaran yang berupa: Lembar pedoman observasi yang berisi kriteria penilaian kualitas gagasan gagasan siswa keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Lembar pedoman observasi yang berisi kriteria penilaian kualitas pertanyaan dan jawaban siswa selama proses pembelajaran dan Catatan lapangan teman sejawat.
Data kuntitatif. Data kuantitatif yang digunakan antara lain: Hasil presentasi. Siswa dapat mengerjakan soal membandingkan pecahan sederhana dengan baik dan dapat mempresentasikan di depan kelas dengan baik nilai 81-100. Siswa dapat mengerjakan soal membandingkan pecahan sederhana dengan baik dan mempresentasikan di depan kelas dengan cukup baik nilai 71- 80. Siswa dapat mengerjakan soal membandingkan pecahan sederhana tetapi tidak dapat mempresentasikan nilai 61 -70. Siswa tidak dapat mengerjakan soal membandingkan pecahan sederhana dengan baik dan tidak dapat mempresentasikan nilai ≤ 60