Pada semester I tahun pelajaran 2014/2015 adalah sebesar 67.76. Nilai tersebut masih berada di bawah KKM yang ditetapkan untuk pembelajaran PKn dengan KKM > 70.00. Ditinjau dari tingkat penguasaan penuh secara klasikal, tingkat ketuntasan belajar siswa di kelas tersebut baru mencapai 52.94% dari jumlah siswa sebanyak 17 orang. Hal tersebut dapat diartikan bahwa jumlah siswa yang sudah memperoleh nilai > 70.00 baru mencapai 9 orang siswa. Sisanya sebanyak 8 orang siswa atau 47.06% masih memperoleh nilai < 70.00.
Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa tersebut salah satunya disebabkan karena sikap terhadap pembelajaran yang kurang mendukung. Hasil pengamatan yang dilakukan secara kasar mengindikasikan bahwa siswa cenderung menganggap remeh mata pelajaran PKn. Cara pandang yang demikian pada gilirannya dapat menyebabkan siswa cenderung pasif dalam menerima pembelajaran sehingga pemahaman konsep juga rendah.