Untuk menggunakan metode ini, sebelum membaca kita melakukan survei terhadap bacaan atau buku untuk memperoleh gambaran umum dari suatu bacaan dengan cara melihat bagian permulaan dan akhir. Setelah menyurvei buku, kita merumuskan beberapa pertanyaan untuk diri sendiri, dengan tujuan untuk mengetahui penguasaan terhadap bacaan, Setelah membaca, kita lakukan kegiatan mencertikan/mengutarakan kembali dengan kata-kata sendiri. Kegiatan membaca dengan menggunakan metode SQ3R diakhiri dengan kegiatan meninjau kembali/mengulang kembali apa yang sudah kita baca.
Manfaat dari metode SQ3R ini adalah melalui SQ3R maka kegiatan membaca menjdai lebih efektif dan efisien serta memungkinkan memberi hasil yang maksimal. Melalui penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan peneiti, diharapkan akan ada peningkatan pada beberapa poin. Poin pertama, kemampuan membaca pemahaman (reading comprehension) siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris akan meningkat.Poin kedua, menumbuhkan minat membaca pada siswa meningkatPoin ketiga hasil belajar nilai membaca meningkat dalam batas ketuntasan belajar mata pelajaran Bahasa Inggris. Poin keempat, siswa menjadi aktif dalam pembelajaran Bahasa Inggris.