Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyetarakan persamaan reaksi redoks mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada tes kondisi awal didapatkan 21 siswa (60 %) tuntas belajar dengan nilai rata-rata 68,78, pada siklus I didapatkan 28 siswa (80 %) tuntas belajar dengan nilai rata-rata 76,86, dan pada siklus II didapatkan 32 siswa (91,4 %) tuntas belajar dengan nilai rata-rata 80,66. Berarti dari kondisi awal ke siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (20 %), peningkatan nilai rata-rata sebesar 8,08 dan dari siklus I ke siklus II peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 4 siswa (11,4 %), peningkatan nilai rata-rata sebesar 3,80. Adapun perilaku siswa juga mengalami perubahan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II. Perubahan perilaku siswa meliputi : keaktifan dari kategori cukup aktif menjadi aktif, keseriusan dari kategori cukup serius menjadi serius, kerja sama dari kategori cukup baik menjadi baik, kemampuan berbagi dari kategori cukup baik menjadi baik serta kedisiplinan dan tanggung jawab dari kategori cukup disiplin dan tangggung jawab menjadi disiplin dan tanggung jawab.