Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan proses belajar. Pada kondisi awal siswa yang tidak aktif, pada kondisi akhir siswa sudah banyak yang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pada kondisi awal siswamasih banyak yang bermain sendiri , namun pada kondisi akhir siswa sudah tidak ada yang gojeg. Pada kondisi awal siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran, pada akhir semua siswa antosias dan kreatif mengikuti pembelajaran.
Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar pPendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas III SD Negeri Ngombakan 01
UPTD Pendidikan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajran 2012/2013 hal ini didukung hasil rata-rata ulangan kondisi awal sebesar 50, ulangan kedua 48. Sedangkan ada siklus I 59 dan hasil ulangan berikut meningkat menjadi 66 pada siklus II. Pada hasil nilai kondisi awal dari 22 anak yang tuntas (5 Siswa) 20% yang belum tuntas (80 siswa) sedang hasil ulangan kedua yang tuntas 4 siswa (17%) yang belum tntas sebanyak 18 siswa (83%) . pada siklus I dari 22 siswa yang mendapat nilai diatas KKM atau tuntas atau sekitar 92% yang belum tuntas tinggal 2 siswa atau 8% .
SARAN
Berdasarkan pada simpulan penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai berikut.l. Guru mata pelajaran pendidikan Kewarganegaran (PKn) hendaknya pada pembelajaran membaca khususnya membaca tokoh menguasai berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.