Berdasarkan landasan teori dan kerangka pemikiran di atas dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan agama islam materi sifat wajib bagi Allah SWT pada siswa Kelas III SD Negeri Karangmojo 01 semester I tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Agustus 2011 sampai dengan bulan Oktober 2011. Penelitian dilaksanakan di kelas III SD Negeri Karangmojo 01, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Propinsi Jawa Tengah.
Subjek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar PAI materi sifat wajib bagi Allah SWT siswa kelas III SD Negeri Karangmojo 01, dengan jumlah siswa 17 anak.
Sumber data pada penelitian tindakan kelas ini ada dua yaitu data yang berasal dari subyek penelitian (primer) dan dari bukan subyek (skunder).
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik tes, dan teknik non tes. Sedangkan alat pengumpulan data meliputi dokumen, tes dan pengamatan. Dokumen digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar kondisi awal siswa yaitu berupa daftar nilai/laporan penilaian, pengolahan dan analisis hasil belajar siswa. Tes digunakan untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa yang berupa butir soal. Pengamatan menggunakan lembar penilaian yaitu untuk mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran PAI berupa: a) Tekun dalam menghadapi tugas atau dapat bekerja secara terus menerus dalam waktu lama, b) ulet menghadapi kesulitan dan tidak mudah putus asa, tak cepat puas atas prestasi yang diperoleh, tidak cepat bosan dengan tugas-tugas rutin,c) menunjukkan minat yang besar terhadap masalah-masalah belajar, lebih suka belajar sendiri, d) dapat mempertahankan pendapatnya, e) senang mencari dan memecahkan masalah